10 Hal Menarik yang Penting Anda Ketahui Tentang Albania

1. Di malam hari, penduduk setempat suka jalan-jalan tapi bukan sekadar jalan-jalan. Dikenal sebagai Xhiro, ini adalah jalan malam resmi di mana penduduk keluar untuk meregangkan kaki mereka. Di banyak kota, jalan-jalan dekat dengan mobil pada jam-jam tertentu. Blok apartemen kosong dan semua orang berkumpul di berbagai tempat, berjalan dan berbicara sampai malam tiba.

2. Ketika seorang Albania setuju dengan Anda, dia akan menggelengkan kepala, dan ketika mereka tidak setuju dengan Anda, mereka akan mengangguk. Berhati-hatilah dan hindari kebingungan. Ya berarti tidak dan tidak berarti ya.

3. Orang Albania percaya bahwa orang-orangan sawah yang ditempatkan di rumah atau bangunan lain saat sedang dibangun akan mengusir rasa iri dari tetangga.. Ha! Terkadang Anda akan melihat boneka beruang yang memiliki tujuan yang sama. Anehnya, orang-orangan sawah atau boneka beruang itu akan ditusuk dengan tongkat atau digantung dengan tali seperti jerat. Ada juga yang mengatakan bahwa jimat ini membawa keberuntungan.

4. Ketika era komunis berakhir pada tahun 1991, ada sekitar tiga juta orang di negara ini tetapi hanya 3.000 mobil. Komunisme mengisolasi negara dan, untuk waktu yang lama, hanya petugas partai yang diizinkan menggunakan mobil. Pada tahun-tahun sejak lebih banyak mobil datang ke negara itu, dan preferensi nasional tampaknya adalah Mercedes.

5. Pahlawan wanita Albania adalah Anjezë Gonxhe Bojaxhiu, lebih dikenal di seluruh dunia sebagai Bunda Teresa. Dia lahir di Skopje, bagian dari Albania untuk waktu yang lama tetapi, sejak 1913, bagian dari Makedonia. Dia adalah satu-satunya orang Albania yang memenangkan hadiah Nobel.

Baca Juga:  10 Kegiatan Seru yang Harus Dilakukan di Amsterdam

6. Pada tahun 1995 sebuah undang-undang disahkan yang mewajibkan warga negara untuk membayar pajak atas lampu lalu lintas di kota asal mereka. Penduduk Shkodra dikenai pajak, seperti semua kota, tetapi mereka melakukan protes. Alasannya? Shkodra tidak memiliki lampu lalu lintas.

Ini adalah salah satu kota tertua di Eropa dan terbesar kelima di Albania, dengan Kota Tua yang indah untuk dikunjungi. Penggemar sejarah akan menyukai restorasi yang terjadi. Juga, Benteng Rozafa menawarkan pemandangan danau yang luar biasa.

7. Tirana, ibu kota Albania, memiliki banyak kesamaan dengan ibu kota Eropa lainnya. Ini adalah satu-satunya ibu kota tanpa McDonald’s (yang lain adalah Kota Vatikan). Tirana adalah jantung negara dengan suasana yang semarak dan berjiwa muda. Transformasi pasca-komunis paling terlihat di sini.

Ini praktis tidak dapat dikenali dari dirinya yang dulu. Warna-warna primer menghiasi bangunan, dan ada lebih banyak lapangan umum dan jalan pejalan kaki, serta bisnis dan perbelanjaan baru. Kunjungi Blloku, di mana terdapat bar yang bagus, serta jalan raya besar.

8. Albania memiliki lebih dari 750.000 bunker yang tersebar di seluruh negeri. Mereka sulit untuk dilewatkan dan bisa menjadi permainan mobil yang bagus (jadilah yang pertama melihat bunker!). Mereka semua dibangun selama kediktatoran Enver Hoxha untuk melindungi negara dari invasi tetapi invasi tidak pernah terjadi.

Baca Juga:  Tebing Keraton: Daya Tarik, Rute, Lokasi, dan Aktivitas yang Menarik

Kebanyakan bunker sedikit merusak pemandangan dan banyak orang Albania tidak menyukainya karena itu adalah pengingat 50+ tahun isolasi. Tetapi beberapa telah diubah menjadi museum budaya, kanvas artistik, dan usaha bisnis.

9. Tirana, ibu kotanya, ternyata sangat cantik. Untuk negara yang mengalami beberapa tahun yang kejam, semangat Albania yang sebenarnya dapat dilihat di Tirana modern. Anda mungkin mengharapkannya didominasi oleh beton abu-abu (seperti kota-kota Eropa pasca-komunis lainnya), tetapi ada banyak ruang hijau, dan, tentu saja, banyak warna. Inspirasi di balik penciptaan kembali kota ini adalah Edi Rama, seorang pelukis dan politisi.

10. Raki adalah minuman nasional, tapi berhati-hatilah! Raki yang dibuat di desa sama dengan sekitar tiga minuman biasa. Jika Anda bepergian di Balkan, Anda mungkin menemukan rakija atau rakia, tetapi versi Albanianya cukup unik.

Related Posts